PEMBINAAN CLCK (CONTOH, LATIHAN, CONTROL, KERJA MANDIRI) DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMK NEGERI 1 IDANOTAE, KECAMATAN IDANOTAE, KABUPATEN NIAS SELATAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam Program Kelompok Kerja Guru dengan CLCK Program Kelompok Kerja Guru di SMK Negeri 1 Idanotae, Kecamatan Idanotae, Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kepengawasan dengan melibatkan 30 orang guru. Penelitian dilakukan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah bila skor minimal 12 (Cukup Aktif) dalam kelompok kerja guru, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam observasi adalah antosiasme guru, interaksi guru dengan pembina pengawas sekolah, interaksi dengan guru dalam KKG, kerja sama kelompok, aktivitas dalam diskusi kelompok.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembinaan CLCK dalam program Kelompok Kerja Guru dapat meningkatkan kompetensi Guru di SMK Negeri 1 Idanotae, Kecamatan Idanotae, Kabupaten Nias Selatan, Tahun 2017. Guru memberikan respon posif terhadap Pembinaan CLCK dalam program Kelompok Kerja Guru untuk meningkatkan kompetensi Guru di SMK Negeri 1 Idanotae.