PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 2 SIGLI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share terhadap daya serap siswa dalam pelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok di SMP Negeri 2 Sigli. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sigli Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Digunakan dua kelas secara random dengan sistem undian. Satu kelas dijadikan kelas eksperimen yaitu kelas yang dikenai perlakuan pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Think Pair Share dan kelas lainnya dijadikan kelas kontrol yaitu kelas yang dikenai pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil ujian siswa yang menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share adalah sebesar 74,70. Nilai rata-rata kemampuan siswa yang menggunakan teori belajar konvensional adalah sebesar 69,43. Daya serap siswa dengan metode pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran Think Pair Share berpengaruh nyata terhadap daya serap siswa di SMP Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2017/ 2018.