PENGEMBANGAN TES BERPIKIR KREATIF KELAS VIII SMP RANTAUPRAPAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Mengetahui efektifitas tes berpikir kreatif kelas VIII SMP Rantauprapat yang dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Mengetahui sensitivitas tes berpikir kreatif kelas VIII SMP Rantauprapat yang dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas VIII SMP Rantauprapat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan modifikasi antara model pengembangan Sugiono yang dibatasi dengan empat tahapan, yaitu: tahapan rancangan, tahapan validasi, tahapan uji coba terbatas dan tahapan uji coba lebih luas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP yang berakreditasi A di Rantauprapat. Secara acak, dipilih dua sekolah sebagai subjek penelitian, yaitu SMPN 2 dan MTsN Rantauprapat. Kemudian secara acak dipilih satu kelas dari SMP 2 Rantauprapat sebagai uji coba terbatas dan dua kelas dari sekolah MTsN sebagai ujicoba lebih luas. Semua kelas uji coba diberi perlakuan yang sama yaitu pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan berpikir kreatif dan lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0.90. Hasil pengujian analisis menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pengembangan tes berpikir kreatif kelas VIII SMP Rantauprapat yang dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari, hasil belajar siswa, waktu dan tujuan pembelajaran dapat dilihat dari dari komponen-komponen (a) hasil belajar siswa secara klasikal berada di atas 80%. (b) waktu yang digunakan siswa dan guru dalam proses pembelajaran berada pada kriteria efektif. (c) tujuan pembelajan yang telah tercapai dari nilai rata-rata siswa dan secara klasikal berada di atas 80%. (2) sensitivitas tes berpikir kreatif peka terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD