PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), INSTITUTIONAL OWNERSHIP, LEVERAGE, ASSET GROWTH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BEI TAHUN 2014-2017

Abstract

RINGKASAN - Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Institutional Ownership, Leverage, Asset Growth Terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI Tahun 2014-2017, baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia berjumlah 156. Sampel penelitian ini adalah 33 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Metode statistik adalah analisis regresi linear berganda. Uji t menunjukkan bahwa Corporate social responsibility dan institutional ownership berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan leverage, dan asset growth tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan uji F menunjukkan bahwa Corporate social responsibility, institutional ownership, leverage, dan asset growth berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Besarnya koefisien determinasi sebesar 14,1% dan sisanya sebesar 85,9% dijelaskan variabel lain yang tidak terdapat dalam model penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial hanya Corporate social responsibility dan institutional ownership berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017.Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Institutional Ownership, Leverage, Asset Growth, Nilai Perusahaan