UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI MODEL JIGSAW DI KELAS XII SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui implementasi model jigsaw, 2) peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model jigsaw pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan desain penelitian model Kemmis & Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari “perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi”. Metode pengumpulan data menggunakan lembar penilaian sikap dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan penerapan model jigsaw adalah dalam pelaksanaan model jigsaw pada mata pelajaran kewirausahaan adanya peningkatan hasil belajar sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Target dari hasil penelitian ini adalah 95%. Pelaksanaan model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan yang dibuktikan pada siklus I yaitu hanya 10 siswa atau 32,3% siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan sisanya 21 siswa atau 67,7% belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan pada siklus II yaitu 29 siswa atau 93,5% sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 2 siswa atau 6,5% belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model jigsaw pada mata pelajaran kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Model Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, Kewirausahaan