STRATEGI GURU PPKN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 ALASA TALU MUZOI

Abstract

RINGKASAN - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mengidentifikasi strategi maupun kendala guru PPKn dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Alasa Talu Muzoi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan model analisis Miles and Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi Guru PPKN dalam mengimplementasikan pendidikan  karakter di SMP Negeri 3 Alasa Talumuzoi yaitu mengintergasikan nilai-nilai karakter pada materi pelajaran PPKn dengan cara mengungkapkan nilai-nilai yang ada dalam materi pembelajaran, menggunakan perumpaman dan membuat perbandingan dengan kejadian-kejadian serupa dalam hidup para peserta didik, serta menggunakan lagu-lagu dan musik untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter kepada peserta didik; dan memberikan sikap teladan yang baik kepada siswa seperti prilaku yang religius, kedisiplinan, tanggungjawab dalam melaksanakan tugas sebagai guru, toleransi, dan ramah terhadap orang lain, taat pada aturan sekolah dan peduli terhadap kondisi yang tidak sesuai dengan tata nilai. Adapun Kendala yang dihadapi Guru PPKn dalam mengimplementasikan pendidikan  karakter di SMP Negeri 3 Alasa Talumuzoi yaitu faktor yang berasal dari guru, dimana guru masih sulit mengimplementasikan pendidikan karakter dalam perangkat pembelajaran karena masih terbiasa dengan pola lama, dan adanya kesenjangan pemahaman guru tentang karakter dan pendidikan karakter itu sendiri karena nilai karakter bersifat abstrak, sehingga kita sulit untuk menerapkannya pada siswa; faktor yang berasal dari siswa, yaitu sikap dan prilaku siswa yang tidak jujur, tidak bertangung jawab, kurangnya kepedulian siswa dan kurangnya kedisplinan siswa. Kata Kunci : Strategi, Guru, PPKn, Pendidikan Karakter