ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA

Abstract

RINGKASAN - Bisnis digital mulai tumbuh juga termasuk di antaranya bisnis pemesanan makanan dimana kita bisa memesan makanan dengan menggunakan aplikasi yang tersedia pada smartphone. Memesan makanan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke toko atau ke mall secara langsung. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga terhadap minat beli. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 144 orang, yang merupakan konsumen yang pernah menggunakan aplikasi Gofood. Hasil penelitian ini menyatakan Variabel kualitas pelayanan secara parsial tidak bepengaruh terhadap minat beli, sebaiknya para penyedia aplikasi pesan antar memberikan program layanan purna jual sehingga konsumen semakin percaya akan kualitas pelayanan dan akan terus menggunakan aplikasi ini. Untuk Variabel Harga secara parsial bepengaruh positif terhadap minat beli, Meskipun hasil penelitian ini sudah baik, sebaiknya para penyedia aplikasi pesan antar memberikan program diskon agar konsumen termotivasi ingin selalu menggunakan aplikasi pesan antar ini. Untuk Variabel Kualitas Pelayanan, Harga secara simultan bepengaruh positif terhadap minat beli Meskipun hasil penelitian ini sudah baik, sebaiknya para penyedia aplikasi pesan antar memberikan program promosi berupa voucher bagi konsumen baru atau konsumen yang loyal sehingga minta beli konsumen pada aplikasi pesan antar ini meningkat.Kata kunci : Aplikasi Pesan Antar Manakan, Minat Beli, Gofood