PENGARUH INSENTIF, KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PADA PT SINAR GRAHA INDONUSA

Abstract

RINGKASAN - Peneliti mengambil objek penelitian dari PT Sinar Graha Indonusa Medan, pemilihan objek disebabkan karena terjadinya penurunan kinerja karyawan. Kinerja karyawan semakin lebih baik, jika adanya pemberian insentif lebih kepada karyawan yang menyelesaikan unit sesuai target yang ditentukan. Hal ini sangat penting silakukan oleh perusahaan karena semangat tidaknya karyawan bisa disebabkan oleh besar kecilnya insetif yang di terima. Dari pengamatan data dan wawancara, bahwa jumlah selisih karyawan yang mendapat insentif tahunan. Hal ini memperlihatkan bahwa belum adanya kesetaraan pemberian insentif kepada karyawan yang bekerja di perusahaan. Selain pemberian insentif ada hal lain yang dapat menunjang kinerja, seperti komunikasi. Komunikasi yang terjalin kurang baik berdampak fatal bagi peningkatan hasil produksi dapat kita lihat kurangnya komunikasi antar karyawan menyebabkan seringnya terjadi kesalahan karyawan yang menjadi penghambat kualitas dari kinerja karyawan. Jumlah kesalahan yang rutin terjadi setiap bulan memperlihatkan bahwa karyawan belum memiliki alur komunikasi yang baik. Penerapan budaya organisasi dalam perushaan harus benar benar dipahami,karena pada kenyataan yang di tinjau dari hasil wawancara masi banya terlihat perselisihan di perushaan karena belum menerapkan penuh sistem budaya organisasi yang baik. Jumlah populasi sebanyak 143 orang dan 105 orang diambil untuk uji sampel serta sisanya untuk 30 orang uji validitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, pembagian kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi dan pengujian secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif, komunikasi, budaya organisasi secara simultan dan parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Kata kunci : Insentif, Komunikasi, Budaya Organisasi dan Kinerja