PEMBELAJARAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE GUIDE CONVERSATION DI SMA NEGERI 1 GUNUNG SITOLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode guide conversation dalam pembelajaran percakapan bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Gunung Sitoli. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka (library research) yaitu metode penelitian yang didasarkan pendapat-pendapat ahli tentang pembelajaran percakapan bahasa Inggris dengan metode guide conversation. Maka dapat disimpulkan bahwa mempelajari bahasa Inggris khususnya keterampilan berbicara membutuhkan bermacam strategi yang jitu. Tujuannya adalah mempermudah siswa mempelajari mata pelajaran bahasa Inggris, semakin banyak cara yang dilakukan untuk belajar maka semakin mudah menguasainya. Akan tetapi perlu diingat bahwa belajar bahasa Inggris bukan belajar pengetahuan yang memerlukan daya nalar yang tinggi, menghafal rumus-rumus, menguasai tenses, grammar, dan tata bahasa Inggris yang formal, dan lain-lain. Namun belajar bahasa Inggris tidak lebih dari keterampilan (skill) yang terus menerus dipraktikkan sampai terbiasa, bahasa apapun yang dipelajari membutuhkan praktik berbicara dengan bahasa yang dipelajari.