PENGARUH MARKETING MIX DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN AYAM PENYET RIA RANTAUPRAPAT

Abstract

RINGKASAN - Bauran pemasaran merupakan serangkaian variabel pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dikehendaki perusahaan dari pasar sasarannya. Pada penelitian ini bauran pemasaran yang menjadi variabel independen yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu harga, produk, lokasi, dan promosi serta penambahan variabel independen lain yaitu kualitas pelayanan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar masing-masing pengaruh dari variabel independen (harga, produk, lokasi, promosi dan kualitas pelayanan) terhadap variabel dependen (kepuasan konsumen).Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.Sampel yang digunakan adalah konsumen Restoran Ayam Penyet RIA yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling non probability dengan metode accidental sampling berjumlah 100 konsumen.Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan skala rating kemudian dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, atas uji validitas dan reliabilitas disimpulkan bahwa kuesioner yang digunakan telah valid dan reliabel.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel independen yaitu harga, produk dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen, sedangkan variabel independen lainnya yaitu lokasi dan promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.Kata Kunci: Harga, Produk, Lokasi, Promosi dan Kualitas Pelayanan serta Kepuasan Konsumen.