PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN KELAS IMMERSI

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran biologi pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Penulisan makalah ini menggunakan metode tinjauan literatur (library research). Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa Penilaian yang dilakukan untuk materi pencemaran lingkungan hanya mencakup penilaian pemahaman konsep atau penilaian kognitif saja, tidak dilakukan penilaian psikomotorik dan penilaian afektif. Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran biologi di kelas imersi SMA. Informasi tersebut diperoleh dari hasil pengisian angket siswa dan wawancara dengan guru. Hambatan yang utama adalah terkait dengan kurangnya penggunaan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran oleh guru dan siswa, kurangnya persiapan sebelum pembelajaran termasuk pemilihan metode yang sesuai untuk menarik minat siswa. Sebagai pertimbangan guru perlu memanfaatkan forum MGMP Biologi untuk saling bertukar informasi dan pengalaman, baik masalah yang ditemukan ataupun upaya yang telah dilakukan.