PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN METODE FLIP CHART

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran biologi dengan penggunaan flip chart. Metode penelitian menggunakan metode tinjauan kepustakaan (library research). Terdapat keuntungan-keuntungan yang lebih melalui kegiatan pembelajaran dengan penerapan Flip Chart pada pembelajaran aktif Student-Created Case Studies. Penerapan Flip Chart pada pembelajaran aktif Student-Created Case Studies mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Peningkatan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran biologi ditunjukkan dengan adanya sikap aktif siswa secara mandiri dalam kegiatan pembelajaran dengan guru sebagai fasitator. Kemampun siswa untuk mengingat dan memahami materi yang dipelajari meningkat yang terlihat saat materi pelajaran direview kembali siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru dan nilai post-test siswa juga meningkat, siswa lebih terdorong untuk belajar, siswa lebih tertarik untuk belajar biologi dengan pembelajaran biologi melalui penerapan Flip Chart pada pembelajaran aktif Student-Created Case Studies. Hal ini terlihat adanya peningkatan masing-masing indikator kemandirian kemandirian belajar setiap aspeknya.Kata kunci : biologi dan metode flip chart