PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan teknik yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi akademik di SMP Negeri 3 Dharma Caraka Teluk Dalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru SMP Negeri 3 Dharma Caraka Teluk Dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah SMP Negeri 3 Caraka Teluk Dalam dalam rangka peningkatan profesionalitas guru dilakukan dengan cara membagi tugas supervisi akademik dengan wakil kepala sekolah untuk melaksanakan supervisi terhadap guru-guru senior dan guru-guru senior melaksanakan supervisi terhadap guru-guru bidang studi. Teknik supervisi yang digunakan oleh kepala sekolah adalah: teknik yang bersifat individual yaitu perkunjungan kelas, observasi kelas, percakapan pribadi, inter-visitasi, penyeleksi berbagai sumber materi untuk mengajar dan menilai diri sendiri dan sedikit menggunakan teknik-teknik yang bersifat kelompok, yaitu teknik-teknik yang digunakan itu dilaksanakan bersama-sama oleh supervisor dengan sejumlah guru dalam satu kelompok.