Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang

Abstract

Belajar dipengaruhi faktor dari dalam diri dan lingkungan. Dari dalam diri salah satunya kecerdasan. Menurut Howard Gardner, kecerdasan diantaranya kecerdasan logis matematis dan kecerdasan spasial. Kecerdasan logis matematis berkaitan dengan pemecahan masalah. Sedangkan kecerdasan spasial berkaitan dengan memvisualisasikan diagram atau tabel. Tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan tingkat kecerdasan logis matematis dan tingkat kecerdasan spasial serta hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V MIS Pakumbulan 2) menganalisa pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar siswa kelas V MIS Pakumbulan 3) menganalisa pengaruh kecerdasan spasial terhadap hasil belajar siswa kelas V MIS Pakumbulan 4) menganalisa pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MIS Pakumbulan. Jenis penelitian berupa field research dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan logis matematis cukup baik, sedangkan kecerdasan spasial kurang baik. Pada analisis regresi sederhana kecerdasan logis matematis bernilai Sig. 0,623 > 0,05 dan pada kecerdasan spasial Sig. 0,164 > 0,05 sehingga tidak ada pengaruh secara parsial. Pada analisis berganda nilai Sig. 0,258 > 0,05 sehingga kecerdasan logis matematis dan kecerdasan spasial secara simultan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.