Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Pola Asuh Anak dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Abstract
Hasil belajar adalah sebuah pencapaian yang dihasilkan siswa melalui suatu proses pembelajaran. Hasil belajar bisa dipengaruhi beberapa faktor yaitu gaya belajar siswa dan pola asuhnya didalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar gaya belajar dan pola asuh siswa mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil uji penelitian didapatkan koefisien determinasi R2 variabel gaya belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 29,1%. Kemudian hasil uji koefisien determinasi R2 variabel pola asuh anak dalam keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 19,4%. Serta hasil uji koefisien determinasi R2 variabel gaya belajar siswa dan pola asuh anak dalam keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,7%.