Pengembangan Media Manipulatif Papan Lingkungan Statistika Berbasis Pendekatan STEM untuk Siswa SD
Abstract
Penggunaan media manipulatif dan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) adalah salah satu upaya untuk menghubungkan beberapa bidang ilmu dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media manipulatif yang valid, praktis dan efektif sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi Pengumpulan dan Penyajian Data. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menerapkan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Data kualitatif dan kuantitatif hasil penelitian diperoleh dari lembar validasi media dan materi, lembar kepraktisan dan angket respon siswa terhadap media pembelajaran serta lembar soal. Hasil penelitian mengenai penggunaan media pembelajaran manipulatif yang dikembangkan memenuhi kategori layak dan dapat digunakan berdasarkan hasil validasi media dan materi dengan rata-rata presentase sebesar 88,75%, praktis dan efektif membantu siswa memahami konsep pada materi Pengumpulan dan Penyajian Data.