Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatakan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik dapat dipengaruhi oleh kurangnya penerapan media pembelajaran di kelas. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran media pembelajaran fisika menggunakan software articulate storyline untuk meningkatakan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang dilihat dari kevalidan media pemeblajaran fisika menggunakan software articulate storyline, kepraktisan media pembelajaran fisika menggunakan software articulate storyline, dan keefektifan media pembelajaran fisika menggunakan software articulate storyline. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yaitu Analiysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik XI MIPA 3 SMA N 11 Purworejo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kelayakan media pembelajaran berbasis software articulate storyline yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran fisika serta dapat meningkatakan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.