Analisis Kecenderungan Karakter dan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Online
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi munculnya kasus virus Corona yang dikenal COVID-19, dengan penyebaran yang sangat cepat menimbulkan dampak di berbagai aspek kehidupan manusia. Khususnya di dunia pendidikan untuk membatasi penyembaran Covid-19, mendesak pengujian pendidikan melakukan pembelajaran online. Selama proses pembelajaran online banyak terdapat kekurangan terhadap kecenderungan karakter dan sikap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan kecenderungan karakter dan kecenderungan sikap siswa pada pembelajaran online. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan objek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA1, MIPA 2, MIPA 3, MIPA 4 dan guru di SMA Negeri 8 Pontianak. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu teknik sampling. Teknik dalam pengampilan data adalah komunikasi tidak langsung yang berupa angket. teknik analisis data menggunakan skala likert. Hasil dalam penelitian ini untuk kecenderungan karakter yaitu jujur sebesar 83% dengan kategori “terlihat”, disiplin sebesar 56% dengan kategori “berkembang”, kerja keras sebesar 52,5% dengan kategori “berkembang”, rasa ingin tahu sebesar 57% dengan kategori “berkembang”, tanggung jawab sebesar 57,25% dengan kategori “berkembang”. Hasil dalam penelitian ini untuk kecenderungan sikap yaitu perhatian sebesar 59,75% dengan kategori “berkembang”, ketertarikan memperbanyak waktu belajar sebesar 58,5% dengan kategori “berkembang”, merespon sebesar 54,75% dengan kategori “berkembang”, kesenangan dalam belajar sebesar 59,75% dengan kategori” berkembang.