PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI PERWUJUDAN NILAI-NILAI PANCASILA SESUAI PERKEMBANGAN ZAMAN PADA SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 BUBON KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini dapat penulis kemukakan untuk meningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKN Melalui penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas IX semester ganjil SMP N 2 Bubon Kabupaten Aceh Tahun Ajaran 2018/2019.Subjek dalam penelitian yang berjumlah 25 orang, penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX pada SMP Negeri 2 Bubon Kabupaten Aceh Barat. Waktu penelitian pada tangga 15 Agustus sampai dengan 1 Oktober 2018. Teknik pengumpulan datanya seperti: observasi dan tes instrumen penelitian seperti: lembar Observasi, lembar tes.teknik analisis data adalah data kualitas hasil belajar siswa dan data keaktifan belajar siswa. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together memiliki dampak positif dalam meningkatkan Hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (60%), siklus II (100%), penerapan Metode pembelajaran mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan Prestasi belajar Siswa.