ETIKA PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Abstract

Etika adalah wahana orientasi bagi usaha manusia untuk menjawab suatu pertanyaan yang amat fundamental, bagaimana manusia harus hidup, bagaimana bertindak, dan lain-lain. Akan tetapi, kenyataan telah menunjukkan bahwa tidak ada satu pun manusia mampu melaksanakan tata kehidupannya secara sempurna dan memuaskan dalam kesendiriannya. Etika perilaku dalam utili tarian menekankan pada pendekatan positivistik, namun mengabaikan semua aspek transendental. Teori-teori sekuler ditafsirkan menurut keinginan dan perilaku dari masing-masing pelaku bisnis, yang berdampak pada kegagalan etika dalam memberikan layanan yang penuh arti. Banyak terjadi kasus pelanggaran etika tenaga penjualan yang mengakibatkan kerugian perusahaan dalam jumlah yang cukup besar. Pandangan Islam terhadap etika bersifat mutlak bukan relatif, memiliki pondasi yang kuat yang mendasarkan pada prinsip-prinsip kejujuran dan keadilan, melalui sikap sidik, fatanah, amanah, tabligh. Seluruh rangkaian aktivitas dalam kehidupan seseorang akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah.