UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN RPP KURIKULUM 2013 MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMA NEGERI 2 BIREUEN

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di SMA Negeri 2 Bireuen, diperoleh informasi bahwa kompetensi atau kemampuan guru dalam mengembangkan RPP Kurikulum 2013 masih rendah. Untuk meningkatkan kompetensi atau kemampuan guru dalam mengembangkan RPP Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Bireuen, maka penulis merasa perlu untuk melakukan sebuah penelitian. Alternatif pemecahan masalah yang penulis pilih dalam pelaksanaan penelitian ini adalah dengan cara melaksanakan kegiatan supervisi akademik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah berupa hasil penilaian terhadap hasil kerja guru dalam mengembangkan RPP kurikum 2013, hasil observasi, dan hasil wawancara. Sedangkan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 2 Bireuen tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam mengembangkan RPP Kurikulum 2013 dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan supervisi akademik di SMA Negeri 2 Bireuen tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari persentase keberhasilan hasil kerja guru, dimana pada pelaksanaan kegiatan pratindakan diperoleh persentase sebanyak 25% meningkat menjadi 62,5% pada pelaksanaan siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 87,5% pada pelaksanaan siklus II. Selanjutnya hasil observasi yang dilakukan oleh 2 orang pengamat dalam pelaksanaan penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas peneliti (kepala sekolah) dan guru dalam mengembangkan RPP Kurikulum 2013 dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan supervisi akademik di SMA Negeri 2 Bireuen tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh 2 orang pengamat yang merupakan mitra peneliti dalam melaksanakan kegiatan penelitian. Hasil observasi pada pelaksanaan siklus I diperoleh persentase rata-rata 70,18% dan pada pelaksanaan siklus II diperoleh persentase rata-rata 87,01%. Kemudian hasil wawancara yang penulis lakukan dengan responden penelitian menunjukkan bahwa respon guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik dalam mengembangkan RPP Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Bireuen tahun pelajaran 2019/2020 sangat positif.