IMPLIKASI KETELADANAN GURU TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTsN 1 ACEH SELATAN
Abstract
Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam mensukseskan keberhasilan pembelajaran. Mendidik tidak hanya sekedar memenuhi prasyarat administrasi dalam proses pembelajaran, tetapi perlu totalitas; artinya ada keseluruhan komponen yang masuk di dalamnya, keteladanan merupakan bagian dari kecerdasan, sikap dan prilaku guru dalam membentuk anak secara moral, spiritual, dan sosial. Penelitian ini mengkaji tentang beberapa permasalahan di antaranya aktualisasi keteladanan guru MTsN 1 Aceh Selatan yang dapat mencerdaskan emosional siswa, efek keteladanan yang dicontohkan oleh guru pada pergaulan siswa, serta kendala dan solusi pembentukan perilaku siswa dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa MTsN 1 Aceh Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu primer. Adapun subjek pada penelitian ini adalah: kepala sekolah, waka kurikulum, bidang kesiswaan, tenaga tata usaha, dan dewan guru serta siswa-siswi di MTsN 1 Aceh Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Pengumpulan data melalui melalui teknik observasi, wawancara dan analisa dokumen. Teknik analisa data menggunakan tahap reduksi, display, dan verifikasi. Sebagai hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa, dan memberikan dampak yang relevan bagi siswa MTsN 1 Aceh Selatan selama ini, hal ini dapat dilihat tingkat hubungan pertemanan antar sesama semakin harmonis dan terjalin keakraban, juga membangun sikap sopan santun, tegur sapa, cara bertindak terhadap sesama, tepat waktu, dan disiplin. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi sekolah, guru, dan siswa MTsN 1 Aceh Selatan, sehingga dengan keteladanan guru dapat meningkatkan kecerdasan emosional sebagai fondasi dalam mewujudkan generasi yang sopan santun, disiplin, dan keakraban hubungan antar sesama.