PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEMAGNETAN DAN PEMANFAATANNYA DALAM PRODUK TEKNOLOGI DI MTSN 3 ACEH UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatkan hasil belajar siswa pada materi kemagnetan dan pemanfaatannya dalam produk teknologi di MTSN 3 Aceh Utara Tahun Ajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada materi kemagnetan dan pemanfaatannya dalam produk teknologi di MTSN 3 Aceh Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas,.  Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTsN 3 Aceh Utara pada kelas IX. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap dari bulan Januari sampai dengan Pebruari 2019.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 3 Aceh Utara tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 24 orang siswa. Data dan sumber data yang dibutuhkan dari penelitian ini yaitu data kualitatif yang meliputi yaitu tes tertulis, hasil posttest, hasil lembar observasi, dan hasil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu diarahkan untuk menjawab rumusan masalah atau menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil belajar pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II 88%, sehingga hasil intervensi yang diharapkan telah tercapai yaitu 85%. Begitupun dengan hasil observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dengan perolehan, siklus I mencapai rata-rata 85% dan siklus II 100% sehingga hasil observasi pun mencapai target yang telah ditentukan. Maka hipotesis tindakan pada pembelajaran tematik dalam penerapan model pembelajaran langsung dapat meningkatan hasil belajar siswa.