Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Hasil Pemilihan Presiden 2019

Abstract

Media Sosial Facebook sebagai Ruang Komunikasi Politik dalam pemilihan Presiden tahun 2019. Latar belakang masalah penelitian  karena media merupakan masalah yang menjadi sorotan publik dan perlu mendapatkan perhatian untuk menanggulanginya. Penelitian ini berusaha menjawab bentuk pemanfaatan media sosial dalam pemilihan pemilihan Presiden tahun 2019, serta efektifitas komunikasi politik dalam media sosial facebook dalam konstalasi politik,. Jenis penelitian menggunakan tipe penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan melalui kajian literatur pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisa secara kualitatif yang selanjutnya disajikan secara deskriptif. Adapun kerangka konseptual dan teoritis yang penulis gunakan yaitu teori komunikasi politik dan konsep media social.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial seperti facebook sangat berpengaruh pada komunikasi politik serta pemanfaatan media sosial berperan besar dalam Pemilihan pemilihan Presiden tahun 2019. Masing-masing tim sukses calon presiden beradu strategi kampanye melalui internet, terutama media sosial. Namun pemanfaatan media sosial untuk kampanye politik ternyata belum stabil, nampaknya belum bisa mengoptimalkan manfaat internet dan media sosial. Padahal media sosial ini selain sebagai sarana bersosialisasi atau pemasaran  secara online, bisa dimanfaatkan pula sebagai alat kampanye politik yang terbilang praktis. Media sosial facebook sangat efektif dalam mengarahkan pemilih dalam memilih kandidat tertentu. Masing-masing kandidat memanfaatkan rekayasa media sosial dengan membuat grup-grup facebook. Media sosial facebook menjadi sarana bersosialisasi untuk mendulang suara dalam kontestasi politik serta menentukan opini yang menjadi perbincangan masyarakat.