Strategi SMPIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta Dalam Membudayakan Literasi Bagi Siswa

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi yang digunakan SMPIT BIAS Yogyakarta dalam membudayakan literasi (baca-tulis) bagi siswa. Hal tersebut dilatarbelakangi masih rendahnya budaya literasi di kalangan pelajar (Kompas, 22 April 2014). Oleh karenanya budaya literasi di kalangan pelajar member kontribusi yang dapat mengubah keadaan yang ada agar menjadi lebih baik, dan SMPIT BIAS Yogyakarta merupakan sekolah yang memiliki perhatian terhadap literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang lebih mengedepankan pada deskripsi dengan menggunakan kata-kata. Pengumpulan data yang digunakan ialah dengan, observasi, wawancara secara mendalam, dan studi dokumentasi. Kemudian data-data dari hasil pengumpulan tersebut dianalisis dengan teknik reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasilnya, penelitian ini memberikan gambaran bahwa strategi dalam membudayakan literasi yang diterapkan di SMPIT BIAS Yogyakarta cukup beragam dan patut menjadi contoh sekolah-sekolah lain yang hendak menciptakan iklim literasi. Strategi yang digunakan ialah dengan member tugas membuat karya tulis, pembuatan majalah dinding setiap kelas, member tugas menulis pengalaman yang telah dilakukan di setiap kegiatan lapangan, menetapkan krida bahasa sebulan sekali dan berpartisipasi dalam berbagai lomba menulis dan pengiriman naskah ke media massa.