Manajemen Perpustakaan Berbasis Kelas Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SDIT Bina Anak Sholeh Cilacap
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui manajemen perpustakaan berbasis kelas 2) Untuk menemukan cara yang efektif dan efisien dalam meningkatkan minat baca siswa di SDIT BIAS Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu jenis penelitian data internal dengan faktor-faktor dalam lingkungan. Sehingga dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian meliputi tiga hal: Pertama, Pengadaan koleksi perpustakaan kelas SDIT BIAS Cilacap diperoleh melalui pembelian, hadiah atau sumbangan, kliping, fotokopi dan tukar menukar koleksi buku anak dari rumah. Kedua, Pengelolaan perpustakaan kelas meliputi: 1) Inventaris. 2) Klasifikasi. 3) Katalogisasi. 4) Penyandian. 5) Membuat kartu buku, 6) Membuat kantong buku yang ditempelkan dibagian belakang buku. 7) Pemberian label. 8) Pembuatan lembar tanggal kembali, dan yang terakhir adalah penjajaran dan tata ruang perpustakaan. Ketiga, Pelayanan perpustakaan kelas yang diberikan oleh pustakawan atau ustadz/ah kepada siswa meliputi: pelayanan sirkulasi (peminjamanbuku), pelayanan pengembalian buku, pelayanan refrensi.Untuk meningkatkan minat bacasiswa, sekolah dalam mengoleksi buku selalu memperbaharui dan menambah secara terus menerus buku buku relevan yang bisa memotivasi siswa untuk membaca, memberi reward bagi siswa yang rajin meminjam buku di perpustakaan selama satu semester, memberikan pelayanan yang ramah, menyediakan ruang baca santai dan rileks. Siswa SDIT BIAS Cilacap memiliki minat baca tinggi. Hal ini ditunjukkan dari rekapitulasi pengunjung perpustakaan sebelum penerapan perpustakaan berbasis kelas2 % menjadi 50 % setelah penerapan perpustakaan kelas.