Peran Guru Pendamping Khusus dalam Pembelajaran Terhadap Perilaku Inatensi Pada Anak ADHD di SD Budi Mulia Dua Panjen Yogyakarta

Abstract

Peran Guru Pendamping Khusus dalam Pembelajaran Terhadap perilaku Inatensi Pada Anak ADHD di SD Budi Mulia Dua Panjen Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendamping khusus dalam pembelajaran terhadap perilaku inatensi pada anak ADHD di SD Budi Mulia Dua Panjen Yogyakarta. Peran guru pendamping khusus dapat dilihat dari perilaku inatensi yang berkurang serta naiknya prestasi akademik siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendamping khusus, siswa ADHD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu GPK berperan sebagai pribadi mendisiplinkan siswa, membantu memahamkan siswa yang mengalami kesulitan belajar, membimbing siswa dalam menyelesaikan permasalahan ketika proses pembelajaran, dan menjadi pelatih yang mampu mengasah keterampilan siswa ADHD sesuai dengan potensi dirinya.