Pengaruh Supervisi Manajerial Terhadap Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Di SD Islam Al Azhar Wonosari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan supervisi manajerial terhadap pendidik dan tenaga kependidikan di SD Islam Al Azhar Wonosari; (2) seberapa besar pengaruh supervisi manajerial terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di SD Islam Al Azhar Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian asosiatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk mencari hubungan atau pengaruh sebab akibat yaitu hubungan atau pengaruh variable bebas terhadap variable terikat. Instrumen yang digunakan yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket kepada pendidik dan tenaga kependidikan di SD Islam Al Azhar Wonosari, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pendididk dan tenaga kependidikan di SD Islam Al Azhar Wonosari. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan supervisi manajerial di SD Islam Al Azhar yang mencakup peran, pelaksanaan, evaluasi, sosialisasi hasil supervisi, tindak lanjut hasil supervisi dan manfaat hasil supervisi. Kegiatan supervisi di SD Islam Al Azhar Wonosari termasuk dalam kategori “baik” dengan rerata nilai sebesar 4,57. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan supervisi manajerial yang dilakukan Kepala Sekolah SD Islam Al Azhar Wonosari. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikan hasil uji statistic koefisien regresi dimana kolom sig menghasilkan nilai P=0.000 jadi pada alpha 5% peneliti menolak hipotesis. Berarti supervisi manajerial berpengaruh terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.