Pengukuran Efektivitas Pembelajaran melalui Penggunaan Social Technology UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, teknologi sosial yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah penggunaan teknologi sosial Facebook. Pada penelitian sebelumnya Facebook digunakan sebagai media untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar, namun semakin berkembangnya teknologi sosial terjadi peralihan penggunaan dimana media Facebook sekarang digunakan hanya sebagai sarana komunikasi saja, dan masih terdapat review negatif terhadap penggunaan teknologi sosial Facebook dalam proses belajar mengajar yang dianggap memiliki nilai yang kurang baik juga mempengaruhi intensitas mahasiswa mengakses Facebook dapat mengurangi waktu belajar sehingga efektivitas penggunaan yang belum tercapai, sehingga perlu dilakukan penelitian terkait sejauh mana penggunaan teknologi sosial. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pemanfaatan teknologi sosial khususnya media Facebook bagi pengguna di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan berdasarkan model Social Technology Use (STU). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif tahun akademik 2017/2018 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari populasi tersebut terpilih sebanyak 180 responden untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyatakan ditolak karena antar variabel tidak memiliki pengaruh yang signifikan belum terpenuhinya nilai statistika (t-test).