Chatbot: Reservasi Restoran Online pada Facebook Messenger

Abstract

Akses chatbot yang diberikan oleh Facebook ke dalam aplikasi Messenger memberikan peluang besar bagi pelaku bisnis untuk meraih pengguna Facebook yang mencapai 1,2 miliar. Sebagai perusahaan yang pelanggan utamanya berasal dari Facebook, maka AppServation Co., Ltd perlu melakukan pengembangan pada produknya untuk memberikan layanan secara langsung kepada pelanggannya melalui chatbot. Penelitian ini bertujuan meningkatkan layanan pelanggan AppServation Co., Ltd dengan menambahkan fitur reservasi berupa chatbot yang terdapat pada Facebook Messenger. Reservasi dapat dilakukan tanpa mengharuskan pelanggan mengunjungi halaman reservasi yang berada di luar Facebook. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun chatbot pada sistem berjalan adalah menggunakan metode pendekatan analisis terstruktur (waterfall). Pengujian atas sistem yang dibangun dengan menggunakan metode behavior-driven development. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa dengan sistem chatbot mampu melayani permintaan reservasi pada platform Facebook Messenger.