Menyikapi Toxic Parent Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Pada Masa New Normal

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menggambarkan sejelas mungkin tentang menyikapi toxic parent terhadap kepercayaan diri anak usia dini pada masa new normal. Metode penelitian dalam studi kasus termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi secara mendalam. Analisis data penelitian yang digunakan untuk menarik kesimpulan adalah analisis model interaktif (interactive model of analysis). Objek penelitian yaitu aktifitas pembelajaran pendidikan anak usia dini TK BKOW Purwaasih. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tinjauan atau observasi penulis selama beberapa bulan pertama di tahun ajaran 2021/2022, menunjukkan beberapa hal yang berbeda sebelum pandemi terjadi diantaranya anak-anak dalam hal komunikasi dengan guru maupun dengan teman masih terlihat kaku dan tidak percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya. Bahasa yang diungkapkan masih dipengaruhi oleh suasana pengasuhan keluarga dan lingkungan tempat mereka tinggal. Bahasa yang memang kurang tepat sering di ucapkan peserta didik yang menjadikan anak merasa takut untuk mengungkapkannya. Ketidakpercayaan diri pun tampak jelas, salah satunya dari pola pengasuhan selama anak belajar dari rumah dengan pola asuh otoriter yang membuat anak menjadi sedikit tertekan.