Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Media Radio Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Persis Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung

Abstract

Target kurikulum tidak akan tercapai secara maksimal di masa pandemi karena berada dalam kondisi ruang dan waktu yang terbatas. Hal tersebut membuat otoritas pendidikan mulai memikirkan berbagai cara untuk memaksimalkan pembelajaran di masa pandemi, diantaranya melalui penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mulai dari penerapan Pembelajaran Online, Pembelajaran Off-Network (Offline). Salah satu media yang digunakan dalam PJJ ini adalah radio. Peneliti sangat tertarik untuk meneliti pengaruh PJJ melalui media radio terhadap kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan korelasi positif. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar di RA/PAUD PERSIS Kabupaten Katapang, sembilan lembaga dengan 39 guru/pendidik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan evaluasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi Person Product Moment (PPM). Lama penelitian kurang lebih tiga bulan antara Oktober-Desember 2020. Berdasarkan hasil analisis data, besarnya pengaruh pembelajaran jarak jauh melalui media radio terhadap kreativitas anak usia dini adalah 92%. Maka pembelajaran jarak jauh melalui media radio harus tetap dipertahankan dengan mengeksplorasi dan menghadirkan kegiatan yang lebih seru agar kreativitas anak usia dini dapat berkembang.