The Influence Of Prices On Purchase Interest In Purchase In Basmallah Store Sumberjambe District Jember Regency

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 ini, tingkat perkenomian secara glonal mengalami penurunan. banyak sekali tempat usaha yang harus gulung tikar karena dampak dari masa pandemi. Namun, di samping itu masih ada tempat usaha yang mampu menjaga eksistensinya dan terus mengembangkan ushanya. salah satunya ialah toko Basmalah yang merupakan cabang dari Koperasi Pesantren Sidogiri. Toko Basmalah memiliki fasilitas E-Maal yang dapat memudahkan konsumen untuk menabung serta mendapat potongan harga dengan penggunaan karu E-Maal dalam berbelanja di hari tertentu. Fokus dalam penelitian ini adalah apakah harga memilki pengaruh terhadap minat beli masyarakat di toko Basmalah. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaruh harga terhadap minat beli memiliki nilai signifikansi sebesar 0,004 ˂ 0,05 dan nilai thitung sebesar  2.981 ˃ 2,011 rtabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh signifikan produk terhadap minat beli dinyatakan diterima. Artinya variabel produk memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli di Toko Basmallah Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember.