Strategi Pemasaran UMKM Konveksi Hijab di Pondok Pesantren Addimyati Desa Pondok Lalang Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran UMKM Konveksi Hijab dipondok pesantren Addimyati desa pondok lalang Kec. Jenggawah Kab. Jember. 2) Untuk Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi Umkm konveksi Hijab di pondok pesantren Addimyati desa pondok lalang Kec. Jenggawah Kab. Jember. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) strategi pemasaran Umkm Konveksi Hijab ini menggunakan bauran pemasaran (marketing Mix) diantaranya: strategi produk, UMKM Konveksi Hijab ini sangat menjaga kualitas produk yang dijahit serta produk yang dihasilkan ini termasuk barang tahan lama (durable goods). Strategi harga, dalam menetapkan harga Umkm Konveksi hijab ini menghitung HPP kemudian ditambah beberapa persen berdasarkan lama waktu pengerjaan beserta cepat atau lambatnya perputaran barang. Strategi promosi yakni offline dan online dengan cara kontal langsung dengan konsumen (personal selling) dan online melalui media sosial seperti fb, instagram, shoppe, Wa, lazadah. Strategi Distribusi, dalam mendistribusikan produk Umkm Konveksi hijab menggunakan distrubusi secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dengan mendatangi toko sedangkan tidak langsung melalui resseller.