Strategi Keunggulan Bersaing pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Magistra Utama Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi keunggulan bersaing lembaga pendidikan dan pelatihan Magistra Utama Jember. Metode penelitiannya menggunakan kualitatif diskriptif. Hasil penelitian: 1) magistra utama melakukan strategi pemasaran untuk mencapai keunggulan bersaing seperti optimalisasi kegiatan pemasaran agar meminimalkan biaya, memberdayakan dan mengoptimalkan penggunaan sosial; 2) strategi inovasi program pendidikan mengedepankan penyaluran kerja bagi lulusannya memberikan bantuan mencarikan pekerjaan bagi para lulusan, inovasi fasilitas dan saran pembelajaran, metode pembelajaran dan inovasi tehnologi informasi. Magistra Utama menyediakan pelatihan kerja dirancang dengan program magang kerja dan pembekalan menghadapi dunia kerja; 3) keunggulan low cost yang diterapkan yaitu menawarkan biaya pendidikan yang relatif terjangkau, beberapa upaya pengurangan biaya juga dilakukan melalui peningkatan penggunaan proses dan waktu belajar peserta didik, penyederhanaan kerja dan prosedur-prosedur pekerjaan, otomatisasi dan penggunaan tehnologi informasi komunikasi yang lebih murah, perubahan-perubahan aturan kerja dan flesibilitas penugasan kerja; dan 4) keunggulan diferensiasi dikembangkan melalui pengembangan program dan sistem pengajaran, pendidikan dan pelatihan agar dapat mengikuti perkembangan dunia kerja; serta pengembangan kurikulum, menciptakan inovasi dan kreativitas baik metode pengajaran di dalam dan di luar kelas, memberikan latihan ketrampilan sesuai bidangnya, dan membina dan membimbing peserta didik. Magistra Utama juga menjalin kerja sama dengan dunia kerja sehingga banyak perusahaan yang menggunakan lulusan Magistra Utama. Kata Kunci: Strategi Keunggulan Bersaing, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan