Peran Layanan Akademik dengan Kinerja Tutor Sebagai Pemoderasi: Persepsi Mahasiswa S-1 Tuton UPBJJ Ternate

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan menguji model teoritikal yang menjelaskan peran kinerja tutor online terhadap hubungan layanan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa. Secara khusus bertujuan untuk menguji dan menganalisis; pengaruh tangible, reliability, responsiviness, assurance dan empaty terhadap prestasi belajar mahasiswa dan menguji pengaruh mediasi kinerja tutor online terhadap layanan akademik dan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan teknik probabilitas sampling. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 351 mahasiswa S-1 yang masa regitrasi tahun akademik 2019-2020 yang tersebar di UPBJJ Ternate. Analisis data dilakukan denganĀ  menggunakan analisis regresi berganda dan mediasi dengan menggunakan analisis moderate regresion analysis (MRA). Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa tangible, reliability, responsiviness, assurance dan empaty berpengaruh terhadap Prestasi belajar mahasiswa. untuk moderasi menunjukkan bahwa kinerja tutor online tidak memoderasi pengaruh variabel tangible, reliability, assurance terhadap prestasi belajarĀ  mahasiswa. sedangkan kinerja tutor online dapat memoderasi pengaruh variabel responsiviness, empaty terhadap prestasi belajar mahasiswa.