Analisis Kesiapan Digitalisasi Sekolah Jenjang SMP di Kabupaten Sumbawa Barat

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, membawa dampak besar bagi pelaksanaan pendidikan khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat. Sekolah-sekolah dituntut untuk beradaptasi dan menyiapkan diri menuju digitalisasi sekolah yang merupakan program prioritas dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan digitalisasi sekolah untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sumbawa Barat. Metode yang dilakukan dalam penelitian kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Adapun variabel yang diukur merupakan faktor kesiapan digitalisasi sekolah meliputi faktor kesiapan infrastruktur, faktor kesiapan guru serta faktor kesiapan siswa. Hasil dari penelitian ini diperoleh skor rata-rata 3.60 dari skala 1 – 5 (kategori Siap dengan sedikit perbaikan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sekolah-sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat khususnya jenjang SMP telah siap untuk menerapkan digitalisasi sekolah dengan beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk menyusun kebijakan terkait penerapan digitalisasi sekolah.