Efektivitas Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Rasa Jenuh Belajar Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat rasa jenuh belajar daring dan mendiskripsikan efektifitas teknik relaksasi dalam mengurangi rasa jenuh  belajar siswa saat mengikuti proses belajar melalui jaringan internet. Penelitian  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre eksperiment dengan bentuk design one-group pretest-postes design. Penentuan sampel melalui teknik sampling purpossive dengan jumlah sampel 20  siswa kelas VIII SMP Negeri 4  Pasarwajo. Analisis  data yang digunakan, yaitu uji Wilcoxon. Hasil  tes akhir  yang dilaksanakan sesudah perlakuan teknik relaksasi melalui bimbingan kelompok, terjadi penurunan rasa jenuh belajar daring siswa. Dari  hasil analisis uji Wilcoxon masing-masing pre-test dan post-test  menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05 atau (p<0.05), yang berarti rasa jenuh belajar daring siswa mengalami penurunan yang signifikan, sehingga disimpulkan teknik relaksasi efektif untuk mengurangi rasa jenuh  belajar daring siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pasarwajo.