Efektivitas Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Rasa Jenuh Belajar Daring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat rasa jenuh belajar daring dan mendiskripsikan efektifitas teknik relaksasi dalam mengurangi rasa jenuh belajar siswa saat mengikuti proses belajar melalui jaringan internet. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre eksperiment dengan bentuk design one-group pretest-postes design. Penentuan sampel melalui teknik sampling purpossive dengan jumlah sampel 20 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pasarwajo. Analisis data yang digunakan, yaitu uji Wilcoxon. Hasil tes akhir yang dilaksanakan sesudah perlakuan teknik relaksasi melalui bimbingan kelompok, terjadi penurunan rasa jenuh belajar daring siswa. Dari hasil analisis uji Wilcoxon masing-masing pre-test dan post-test menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05 atau (p<0.05), yang berarti rasa jenuh belajar daring siswa mengalami penurunan yang signifikan, sehingga disimpulkan teknik relaksasi efektif untuk mengurangi rasa jenuh belajar daring siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pasarwajo.