Determinan Nilai Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tingginya IPK yang diperoleh mahasiswa adalah indikator keberhasilan dalam dunia akademik. Salah satunya adalah mahasiswa pendidikan Agama Islam yang cenderung dituntut belajar agama Islam. Hasil belajar mereka dibuktikan dengan level IPK. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan determinan nilai indeks prestasi mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di STAIN Majene dengan sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Jumlah sampel sebanyak 133 mahasiswa Metode penelitian yang digunakan adalah metode pohon regresi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa determinan yang paling berkontribusi mempengaruhi nilai IPK mahasiswa Pendidikan Agama Islam adalah biaya SPP, jalur masuk PTKIN, dan alat transportasi. Sedangkan variabel penghasilan rata-rata keluarga pendidikan serta pekerjaan Ayah dan status penerima beasiswa adalah determinan yang kurang berkontribusi dalam mempengaruhi nilai IPK mahasiswa pendidikan agama Islam.