Problematika Pembelajaran Daring (Online) Selama Pandemi Covid-19 di Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang

Abstract

Pandemi COVID-19 menybabkan banyak permasalahan dalam tatanan social termasuk dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika pembeljaran daring(online) di jurusan Analis Kesehatan Poltekkes kemenkes Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan data penelitian diambil secara observasi partispan ,focus group discussion dan dokumentasi.Peneitian ini berlangsung pada bulan Mei-Juli 2021.. Hasil penelitian menunjukkan tiga problem utama yang dihadapi yakni problematika dari aspek media teknologi pembelajaran daring,dosen dan tendik serta mahasiswa. Problematika dari aspek media teknologi daring yakni akses internet harus memadai unutk mengaksesnya,sulit untuk digunakan praktek laboratorium,serta terbatas adanya trouble pada media. Problematika dari aspek tenaga dosen dan kependidikan yaitu kompetensi penggunaan media yang masih kurang,tidak efektif dalam penilaian attitude karena interaksi kurang,. Problematika dari aspek mahasiswa yaitu biaya kuota internet karena subsidi terbatas,skill praktikum kurang,kurang interaksi dengan kawan,pasif kurang kreatif serta jenuh stress dan mengalami kecemasan.