Pengaruh Pendampingan Orang Tua pada Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Baadia

Abstract

Matematika adalah salah satu pelajaran paling penting yang harus dipelajari anak-anak. Namun di masa pandemi COVID-19, sistem pendidikan memperkenalkan pembelajaran online, di mana semua proses pembelajaran dilakukan di rumah dengan bantuan jaringan dan teknologi sehingga peran orang tua paling signifikan dalam proses belajar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan dampak dari bantuan orang tua pada pembelajaran online terhadap keberhasilan siswa. Pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan analisis uji prasyarat (menggunakan bantuan SPSS), yaitu uji normalitas (bantuan orang tua ditunjukkan dengan sig 0,081>0,05 dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan sig 0,052>0,5, maka data berdistribusi normal), dengan menggunakan koefisien korelasi (hitungan R = 0,967 yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara pendampingan orang tua dalam pembelajaran online dengan prestasi belajar siswa). Sedangkan koefisien determinan R2 = 0,936, artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 93,6 persen, dengan sisanya 6,4 persen dipengaruhi variabel lain) dan rumus regresi linier sederhana (diperoleh persamaan regresi pengaruh pendampingan orang tua pada prestasi belajar siswa). Y=20.656+0.695X, menunjukkan bahwa setiap penambahan nilai pendampingan orang tua meningkatkan nilai prestasi belajar), dan nilai t-hitung sebesar 22.915 dengan nilai signifikansi 0,000 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan. Di SDN 1 Baadia, terdapat hubungan yang kuat dan pengaruh yang cukup besar antara bantuan orang tua dalam pembelajaran online dan kemajuan siswa.