Hubungan Kepribadian Guru Dengan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 26 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kepribadian guru terhadap minat belajar matematika kelas V SDN 26 Cakranegara Kec. Sandubaya Kota Mataram. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel kepribadian guru dan variabel minat belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Penelitian kuantitatif korelasioanl merupakan penelitian yang bertujuan ingin mengetahui keterkaitan (hubungan) antar variabel. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 26 Cakranegara sebanyak 70 orang, dan dua orang guru kelas VA dan VB. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Penelitian dilakukan selama 6 hari dari tanggal 3-9 Agustus 2021.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru (X), memberi sumbangan yang signifikan tehadap minat belajar (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,99. Sedangkan untuk uji signifikan ini menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rtabel (0,99>0,235), pada taraf signifikan 5%. diperoleh bahwa r hitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rtabel (0,99>0,235), pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis determinasi menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru guru (X) memberikan sumbangan sebesar 98,1% terhadap minat belajar (Y). Dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut membuktikan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan minat belajar matematika peserta didik kelas V SDN 26 Cakranegara Kec. Sandubaya Kota Mataram.