Strategi Layanan Bimbingan Konseling Terhadap Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Konsep Diri Pada Masa Pandemi Covid-19 : Literatur Review

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam menunjang ilmu serta potensi pada peserta didik, oleh karena itu memiliki konsep diri yang positif menjadikan peserta didik lebih optimis. Maka dar itu, penelitian ini bertujuan untuk meninjau strategi layanan bimbingan konseling terhadap siswa sekolah dasar dalam mengembangkan konsep diriĀ  pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini merupakan kajian pustaka yakni peneliti mengumpulkan berbagai sumber terdahulu. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Landasan teori pada penelitian ini menjelaskan konsep diri, peran dan komponen layanan bimbingan konseling secara komprehesif, serta strategi layanan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan konsep diri pada anak sekolah dasar. Strategi tersebut melingkupi empat komponen yaitu, layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, dukungan sistem. Peran orang tua dan guru penting dalam mengembangkan konsep diri. Selain itu, sitem konseling online (cyber counseling) dapat mengembangkan konsep diri pada peserta didik melalui media aplikasi.