PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Abstract

 Abstrak:Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan mahasiswa yang diberi pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan model kuasi eksperimen dengan pre test-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa pendidikan matematika salah satu universitas yang berada di Medan. Sampel dalam penelitian ini melibatkan mahasiswa semester IV sebanyak 42 orang pada kelas eksperimen dan 41 orang pada kelas kontrol yang diambil secara acak menggunakan cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar pada mata kuliah metode numerik yang berbentuk essay test. Data dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai sig = 0.00001 < α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar pada mata kuliah metode numerik antara mahasiswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan mahasiswa yang diberi pembelajaran langsung. Oleh karena itu, dapat disimpulkan  rata-rata hasil belajar metode numerik mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Oleh karena itu, disarankan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif untuk dosen matematika dalam meningkatkan hasil belajar metode numerik mahasiswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw. Abstract:The purpose of this study is to determine the differences in student learning outcomes taught by the type of jigsaw cooperative learning with students who are given direct learning. This research is one type of quantitative research using a quasi-experimental model with a pre-test-post-test control group design. The population in this study included all mathematics education students at a university in Medan. The sample in this study involved 42 semester IV students in the experimental class and 41 people in the control class who were taken randomly using cluster random sampling. The type of data in this research is quantitative data. The instrument used to obtain data in this study was a learning outcome test in a numerical method subject in the form of an essay test. Data were analyzed using inferential statistics using t-test. Based on the results of data analysis, the value of sig = 0.00001 <α = 0.05 so that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there are differences in student learning outcomes of the numerical method between students who are given the jigsaw type of cooperative learning compared to students who are given direct learning. Therefore, it can be concluded that the average learning outcomes of the numerical method of students who get the jigsaw type of cooperative learning are significantly higher than students who receive direct learning. Therefore, it is suggested that the jigsaw type of cooperative learning model can be used as an alternative for mathematics lecturers in improving student learning outcomes in numerical methods.               Keywords:    Learning Outcomes,Cooperative Learning, Jigsaw.