MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN POKOK BAHASAN IRISAN KERUCUT DI KELAS XI MIPA -1 MAN 3 MEDAN
Abstract
Problem Based Learning adalah kurikulum dan proses pembelajaran. Dalam kurikulumnya, dirancang masalah yang siswa mendapatkan pengetahuan yang penting, membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki strategi belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim. Proses pembelajarannya menggunakan pendekatan yang sistematik untuk memecahkan masalah atau menghadapi tantangan yang nanti diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas XI Mipa -1 MAN 3 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian berupa penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah Kelas XI. Kelas yang diteliti terdiri dari 30 orang siswa. Berdasarkan hasil belajar dari siklus I, diperoleh nilai rata-rata 75. Setelah suklus II, terjadi peningkatan menjadi 85. Pada penelitian ini diperoleh data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal, menjadi sebanyak 30 siswa atau sebesar 100%.Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakan telah tuntas.Tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, yang dibuat berdasarkan tes akhir adalah 100% siswa yang mempunyai penguasaan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan XI Mipa -1 MAN 3 Medan mengalami peningkatan akivitas belajar dan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa. Kata Kunci: Aktivitas belajar, model pembelajaran Problem Based Learning