RETORIKA KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DI SEKOLAH

Abstract

Keterampilan dasar mengajar bagi guru diperlukan agar guru dapat melaksanakan perannya dalam mengelolah proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. 1) Persiapan mengajar yang dilakukan terdiri dari tiga bentuk yaitu persiapan pembelajaran berupa membuat silabus, RPP, prota, prosem, media pembelajaran dan sumber belajar, persiapan fisik dan dan persiapan mental. 3) Impelementasi keterampilan dasar mengajar guru melalui bertanya dan menjawab dapat meningkatkan partisipasi peserta didik secara penuh dalam proses pembelajaran dan memudahkan guru dalam mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukannya. 4) Implikasi keterampilan dasar guru menjadikan proses pembelajaran berjalan dengan efektif, karena semua siswa secara antusias merasa nyaman dan memberikan respon yang positif dalam setiap proses pembelajaran.