KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs MADINATUSSALAM KEC. PERCUT SEI TUAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui bagaimana kepemimpinan visioner kepala madrasah, 2) Mengetahui bagaimana manajemen mutu pembelajaran, 3) Mengetahui bagaimana kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen mutu pembelajaran di MTs Madinatussalam. Penelitian ini dilakukan di MTs Madinatussalam Kec. Percut Sei Tuan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan staf tata usaha. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode, yaitu metode observasi dilakukan dengan cara mengamati berbagai kegiatan yang terdapat di lokasi dan yang bersangkutan dengan tema , wawancara yang dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan untuk narasumber, dan dokumentasi dengan cara mengumpulkan data yang telah tersedia berupa foto, laporan atau dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga point terpenting dalam kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen mutu pembelajaran di MTs Madinatussalam Kec. Percut Sei Tuan, yaitu: perencanaan dalam proses mutu pembelajaran, pelaksanaan mutu pembelajaran, evaluasi mutu pembelajaran. Dalam perannya kepala madrasah mengaplikasikan mutu sesuai dengan keadaan madrasah sebelumnya yaitu dengan kondisi yang tidak sebaik sekarang ini. Kepala madrasah dengan model kepemimpinan visioner melakukan perannya dalam meningkatkan manajemen mutu pembelajaran. Dalam beberapa tahun madrasah terus mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari minat siswa semakin bertambah dan prestasi siswa yang semakin meningkat. Dalam proses manajemen mutu pembelajaran kepala madrasah selalu memantau dan mendorong agar potensi guru dalam mengajar selalu berkembang dengan baik. Hingga saat ini nilai siswa berkembang dengan baik, serta siswa mampu melanjutkan kejenjang selanjutnya ke sekolah favorit yang diinginkan.