ACADEMIC WRITING EXPERIENCE AND STUDENTS’ PERCEPTION OF TEACHER FEEDBACK: A STUDY AT THE CENTER FOR RELIGIOUS AND CROSS CULTURAL STUDIES (CRCS) GADJAH MADA UNIVERSITY

Abstract

Dalam kegiatan tulis menulis, memberikan umpan balik (feedback) terhadap tulisan siswa adalah tugas utama bagi guru. Para guru beranggapan bahwa siswa bisa belajar dari komentar guru dan melakukan perbaikan untuktulisan-tulisan berikutnya. Namun demikian, banyak penelitian mempertanyakan efektivitas umpan balik guru sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal ini mendorong guru untuk mempertanyakan persepsi siswa dan respons mereka terhadap umpan balik guru. Tulisan ini mengkaji persepsi siswa dengan mempertimbangkan perbedaan individu, seperti latar belakang pendidikan, kebutuhan, harapan, pengalaman menulis dan motivasi. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologis, penulis berkesimpulan bahwa persepsi siswa tentang umpan balik guru terutama dipengaruhi oleh kebutuhan, harapan, pengalaman mereka dan praktik umpan balik guru. Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa menghargai umpan balik guru dengan menjalankan beberapa strategi dalam menanggapi kesulitan yang dijumpai dalam umpan balik guru, sepertikode/simbol koreksi dan komentar yang kurang jelas. Strategi ini adalah upaya yang baik untuk memfasilitasi siswa dalam proses revisi, menulis, pengembangan, dan keadaan emosional, khususnya motivasi untuk menulis.Keywords: Academic Writing, Teacher Feedback, Text, Perception