The Role of Ustad Pesantren in Increasing Santri's Interest on Kitab Kuning in Pesantren Kyai Syarifuddin

Abstract

Ustadz pesantren memainkan peran yang sangat penting, mempengaruhi kualitas pembelajaran, karena semakin tinggi kualifikasi dan kemampuan ustadz yang bertanggung jawab untuk pendidikan anak-anak dan ustadz yang matang, semakin tinggi kualitas pembelajaran. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan minat belajar santri dan faktor-faktornya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus dan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kesimpulan dari artikel ini adalah peranan guru pesantren dalam meningkatkan minat belajar santri terhadap kitab kuning sangat banyak di antaranya sebagai ustadz di dalam kelas, selain itu guru pesantren juga menjadi pengajar atau tarbiyah (pendidik) baik di dalam kelas, dengan menggunakan metode, kamus-kamus serta motivasi bagi santri. hal ini dapat di ketahui dari semua kegiatan pondok pesantren yang semuanya telah di atur oleh para pengurusnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya dalam proses pembelajaran diantaranya: faktor pendukung, antara lain adanya kepengurusan yang membantu mengatur kegiatan santri. Juga adanya fasilitas yang mendukung seperti perpustakaan dll. Namun juga ada beberapa penghambatnya seperti santri yang kecapekan karena sudah di gembleng seharian, tidak adanya pemghargaan bagi santri yang berprestasi di kelas.