The Development Pattern of Pesantren Asy-Syarifiy in Facing Social Change
Abstract
Pondok pesantren merupakan pendidikan tradisional Islam tertua yang tumbuh dan berpengaruh ditengah masyarakat. Dalam menghadapi perubahan sosial pesantren dituntut untuk membuat pola pengembangan yang komprehensif baik dibidang kurikulum, SDM dan hubungan masyarakat dengan tetap berdasarkan kaidah Al-Muhafadzah ‘ala al-qadim as-shalih wa al-akhdzu al-jadid al-aslah. Karna kaidah inilah yang melandasi adanya perubahan-perubahan yang dilakukan pondok pesantren. Artikel ini adalah hasil penelitian menggunakan metode kualitatif-deskriptif, dengan pendekatan fenomonologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan analisa induktif, deduktif dan deskriptif. Kesimpulan artikel ini antara lain yakni terdapat pola pengembangan pondok pesantren Asy-Syarifiy dalam menghadapi perubahan sosial dibidang kurikulum mengalami perubahan yang awalnya kurikulum menggunakan pola salafiyah menuju komprehensif (kolaborasi antara salfiyah dan khalafiyah) guna menghasilkan output yang berkualitas yang tercermin dalam jiwa santri yang aspiratif, progresif dan tidak kaku dalam menghadapi perubahan sosial. Selain itu, pola pengembangan pondok pesantren Asy-Syarifiy dalam menghadapi perubahan sosial dibidang SDM dilakukan dengan memberikan atau memfasilitasi minat bakat santri dengan diadakannya program ekstrakurikuler yang beraneka ragam.